Minggu, 11 November 2012

Tugas Pendahuluan Farfis (BJ, RJ dan KELARUTAN)


1.      Jelaskan secara terperinci bobot jenis dan rapat jenis !
Jawab :
Bobot jenis suatu zat adalah perbandingan antara bobot zat disbanding dengan volume zat pada suhu tetentu (Biasanya 25oC). Sedangkan rapat jenis adalah perbandingan antara bobot jenissuatu zat dengan bobot jenis air pada suhu tertentu.
2.     Jelaskan Piknometer dan Hydrometer !
Jawab :
Piknometer adalah suatu alat yang terbuat dari kaca, bentuknyamenyerupai botol parfum atau sejenisnya. Jadi dapat diartikan disini, piknometer merupakan alatyang digunakan untuk mengukur nilai massa jenis atau densitas fluida.
hidrometer adalah alat untuk mengukur berat jenis zat cair. Hydrometer sering juga disebut aerometer. Alat ini terdiri dari sebuah tabung berskala yang bagian bawahnya diberi beban raksa, supaya dapat mengapung tegak lurus dalam zat cair yang akan diukur berat jenisnya.
3.     Tujuan utama Piknometer dibilas dengan alcohol !
Jawab :
Karena alcohol dapat menguap, sehingga bekas air pada piknometer mudah hilang.
4.     Jelaskan prinsip kerja piknometer dan hydrometer !
Jawab :

Pengoperasian hidrometer didasarkan pada prinsip Archimedes bahwa tersuspensi pada fluida akan didukung oleh kekuatan sama dengan berat fluida yang dipindahkan. Dengan demikian, semakin rendah kerapatan zat tersebut, lebih jauh hidrometer akan tenggelam. (Lihat juga kepadatan relatif dan hidrometer.)
5.     Faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan !
Jawab :
a)     Sifat dari solute dan solvent. Yang polar akan larut dalam solvent yang polar pula. Misalnya garam-garam anorganik larut dalam air. Solute yang nonpolar larut dalam solvent yang nonpoar pula. Misalnya alkaloid basa (umumnya senyawa organik) larut dalam kloroform.
b)     Cosolvensi adalah peristiwa kenaikan kelarutan suatu zat karena adanya penambahan pelarut lain atau modifikasi pelarut. Misalnya luminal tidak larut dalam air, tetapi larut dalam campuran air dan gliserin atau solutio petit.
c)     Temperatur. Zat padat umumnya bertambah larut bila suhunya dinaikkan, zat padat tersebut dikatakan bersifat endoterm, karena pada proses kelarutannya membutuhkan panas. Zat terlarut + pelarut + panas larutan.
d)     Salting Out adalah Peristiwa adanya zat terlarut tertentu yang mempunyai kelarutan lebih besar dibanding zat utama, akan menyebabkan penurunan kelarutan zat utama atau terbentuknya endapan karena ada reaksi kimia. Contohnya : kelarutan minyak atsiri dalam air akan turun bila kedalam air tersebut ditambahkan larutan NaCl jenuh.
e)     Salting In adalah adanya zat terlarut tertentu yang menyebabkan kelarutan zat utama dalam solvent menjadi lebih besar. Contohnya : Riboflavin tidak larut dalam air tetapi larut dalam larutan yang mengandung Nicotinamida.
f)      Pembentukan Kompleks adalah peristiwa terjadinya interaksi antara senyawa tak larut dengan zat yang larut dengan membentuk garam kompleks. Contohnya : Iodium larut dalam larutan KI atau NaI jenuh.
6.     Jelaskan tipe-tipe larutan !
Jawab :
a)     Larutan menurut kejenuhannya :
Larutan jenuh yaitu larutan yang mengandung sejumlah solute yang larut dan melakukan kesetimbangan dengan solute padatnya.s
Larutan tidak jenuh yaitu larutan yang mengandung solute kurang dari yang diperlukan untuk membuat larutan jenuh
Larutan sangat jenuh yaitu larutan yang mengandung lebih banyak solute daripada yang diperlukan untuk larutan jenuhnya.
b)     Larutan sederhana adalah larutan yang mengandung satu substansi yang larut dalam pelarut spesifik yang digunakan sebagai pengobatan.
c)     Larutan campuran/ majemuk adalah larutan nyang mengandung dua atau lebih substansi dalam suatu larutan.
d)     Larutan stok adalah larutan yang diuat dengan penambahan bahan-bahan penting untuk dijadikan stok dalam industry.
e)     Larutan pekat adalah yang tidak dapat dipisahkan dari pelarutnya agaknya tidak pas.
f)     Larutan encer yaitu larutan yang relatif lebih sedikit solute dibanding solvent.
7.     3 macam tipe pelarut !
Jawab :
Pelarut nonpolar merupakan senyawa yang memilki konstanta dielektrik yang rendah dan tidak larut dalam air.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar