Rabu, 04 Juli 2012

Tumbuhan Urang-Aring


Kali ini gue akan membahas sedikit mengenai tumbuhan urang-aring dan tulisan kali ini gue khususkan buat pacar gue yang akan melakukan penelitian mengenai tumbuhan urang-aring tersebut, ya hanya untuk mempermudah dia.

Urang-Aring

Urang-aring merupakan tanaman liar bertangkai banyak, tumbuh di tempat terbuka seperti di pinggir jalan, tanah lapang, pinggir selokan. Tanaman ini dapat hidup di daerah mulai dari tepi pantai sampai ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut. Tinggi tanaman mencapai 80 cm, posisi tumbuh tegak kadang-kadang berbaring.

Asal tanaman urang-aring masih belum diketahui dengan pasti. Pada umumnya tanaman ini tumbuh di Indonesia sebagai tanaman liar yaitu terdapat di Sumatera, Jawa, Madura dan Maluku.

Telah dilakukan titokimia ekstrak eter minyak bumi herba urang-aring (Elicta prostrata L, Asteraceae). Hasil kromatografi lapis tipis preparatif menunjukkan ekstrak tersebut mengandung steroid.

Berdasarkan analisis spektroskopi inframerah dan ultraviolet- sinar tampak, streroid tersebut diduga ( 3-sitosterol dan saponifikasi ekstrak) menghasilkan satu senyawa karotenoid yang teroksigenasi.
Tanaman ini merupakan tanaman obat herba, seluruh bagian tanaman baik segar maupun kering dapat menyembuhkan berbagai penyakit,  sebagai obat luar dan untuk diminum, tanaman ini sudah diteliti oleh ahli farmasi. Dalam industri kosmetika telah diproduksi menjadi minyak rambut urang-aring dan sampo urang-aring yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Manfaat Urang-Aring

Manfaat tanaman urang-aring, untuk penyembuhan penyakit yaitu dengan herba segar dilumatkan dibubuhkan ke tempat yang sakit, atau herba segar direbus, untuk cuci pada : Eczema, tinea pedis (jamur), koreng (termasuk koreng di kepala), luka berdarah, gusi bengkak, penyubur rambut.

Seluruh bagian tanaman baik segar maupun kering dapat digunakan untuk pengobatan baik sebagai obat luar maupun untuk obat penyakit dalam, seperti : Menghentikan perdarahan pada muntah darah (hematemesis), batuk darah (hemoptoe), mimisan (epistaxis), kencing darah (hematuria), berak darah (melena), perdarahan rahim (uterine bleeding), Chronic hepatitis, diare, Kurang gizi pada anak (infantile malnutrition), Keputihan (leucorrhoe), Rambut memutih (ubanan) pada usia muda, Neurasthenia.

Klasifikasi

Divisi          :  Spermatophyta
Sub divisi    :  Angiospermae
Kelas           :  Dicotyledonae
Bangsa         :  Asterales
Suku            :  Asteraceae
Marga          :  Eclipta
Jenis            :  Eclipta alba L. Hassk

Nama daerah

Sumatera : Daun sipat, keremak janten (Sumatera), Jawa : Urang – aring (Jawa), Madura : Telenteyan, Maluku : Daun tinta (Banda)








2 komentar:

  1. sumbernya dari mana nih?
    info buku yg membahas ttg urang-aring dong, saya mau peelitian jg nih :)

    BalasHapus
  2. Cari aja di google broo . . . Udah hilang buku gue gara-gara banjir kemaren . . . Ok klo butuh bantuan lain . . . Bilang aja ,, gue siap bantu Lo . . .

    BalasHapus